DPMD Kotim dan Bank Kalteng Jalin Kerja Sama, Integrasikan Siskeudes dengan CMS Corporate untuk Transparansi Keuangan Desa

Sampit (01/10/2024) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah menjalin kerja sama dengan Bank Kalteng dalam rangka mengintegrasikan aplikasi Siskeudes guna peningkatan pengelolaan keuangan desa.

Penandatanganan kerja sama ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kotim, Marjuki yang memberikan dukungan penuh terhadap program ini. 

Aplikasi Sistem Keuangan Desa atau Siskeudes merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka membantu pemerintah desa dalam meningkatkan tata kelola keuangan desa.

Penerapan aplikasi ini diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Kerja sama DPMD Kotim dan Bank Kalteng khususnya untuk mengintegrasikan aplikasi Siskeudes dengan CMS (Cash Management System) Corporate milik Bank Kalteng. 

Aplikasi Siskeudes yang terintegrasi dengan CMS Corporate PT Bank Kalteng bertujuan untuk memudahkan desa dalam melakukan transaksi keuangan secara digital, mengurangi risiko penyelewengan, dan mempermudah pelaporan keuangan secara real-time. 

Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi langkah penting dalam mewujudkan desa-desa yang lebih maju dan mandiri dari sisi pengelolaan keuangan, serta dapat menjadi solusi yang efektif dalam menghadapi berbagai tantangan dalam pengelolaan dana desa.